Senin, 09 Juni 2014

Pengertian pengelolaan kelas, Latar belakang adanya pengelolaan kelas & Tujuan pengelolaan kelas


A.      Pengertian pengelolaan kelas
            Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata yaitu : pengelolaan dan kelas. Kata Pengelolaan berasal dari kata “kelola” ditambah awalan  “pe dan an”. Istilah lain dari pengelolaan kelas menagemen yang berarti tata pimpinan pengelolan.
            Sedangakan kelas menurut ‘’ Umar Hamalik (1987;311)’’ adalah kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang dapat pengajaran dari guru.
Berikut pengertian pengelolaan kelas menurut para ahli;
            Menurut Hadari Nawawi ( 1989 : 115 ), pengelolaan kelas dapat diartikan sebagai kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan murid.
            Menurut Suharsimi Arikunto pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan penanggung jawab kegiatan pembelajaran dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.
Menurut sudirman pengelolaan kelas berarti upaya pendayagunaan potensi kelas.
Menurut Made Pidarta pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas.
Menurut Suharsimi Arikunto” berpendapat bahwa pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar / yang membantu dengan maksud  agar di capai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajarsiswa dapat berjalan dengan lancar dan terciptanya kondisi belajar yang optimal untuk berlangsungnya kegiatan belajar siswa.
Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas merupakan keterampilan seorang guru untuk menciptakan dan memelihara sebuah kelas yang kondusif dengan maksud agar tercapainya kondisi yang optimal sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
 Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran dan hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.
 Pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Karena tanpa keterampilan mengelola kelas akan sulit untuk menjalankan kegiatan mengajar belajar secara efektif. 
Pengelolaan kelas sendiri berbeda dengan pengelolaan pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam suatu pembelajaran. Sedangkan pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport, penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif), didalamnya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas.
B.     Latar belakang adanya pengelolaan kelas
pokok-pokok pikiran yang melatar belakangi pengelolaan kelas adalah sebagai berikut:
a.       kegiatan sekolah berlangsung dalam suasana kelompok, yaitu kelompok kelas
b.      tugas pokok guru adalah mengembangkan dan mempertahankan kelompok kelas yang efektif
c.       kelompok kelas adalah suatu sistem yang memiliki ciri-ciri sebagaimana yang dimiliki oleh sistem sosial lainnya
d.      tugas pengelolaan kelas yang dimiliki oleh guru ialah mengembangkan dan mempertahankan kondisi kelas yang kondusif
e.       bervariasinya karakter siswa yang berbeda-beda.
 Pengelolaan kelas sangat di perlukan karena dari hari ke hari bahkan dari waktu ke waktu tingkah laku dan perbuatan siswa selalu berubah-rubah. Hari ini siswa dapat belajar dengan baik dan tenang, tetapi besok belum tentu. Oleh karena itu Kondisi belajar yang optimal dapat dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran.
C.    Tujuan pengelolaan kelas
Pengajaran adalah proses menyampaikan atau menanamkan pengetahuan dan keterampilan. Sebagai proses menyampaikan atau menanamkan ilmu pengetahuan, maka pengajaran memiliki tujuan yang utama yaitu penguasaan materi pelajaran. Keberhasilan suatu proses pengajaran diukur dari sejauh mana siswa dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru. Materi pelajaran itu sendiri adalah pengetahuan yang bersumber dari mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Sedangkan mata pelajaran itu sendiri adalah pengalaman-pengalaman manusia masa lalu yang disusun secara sistematis dan logis kemudian diuraikan dalam buku-buku pelajaran dan selanjutnya isi buku itu yang harus dikuasai siswa (Sanjaya, 2005: 75). Karena itulah para guru harus melakukan pengelolaan kelas. 
Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual di dalam kelas. Fasilitas yang disediakan memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplai, perkembangan intelektual, emosional, dan sikap serta apresiasi pada siswa ( Sudirman N, 1991, 311 ). Tujuan lainnya adalah mengantarkan anak didik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dan dari tidak berilmu menjadi berilmu.
Menurut Ahmad ( 1995 : 2 ), tujuan pengelolaan kelas adalah :
1)      Mewujudkan situasi dan kondisi kelas
2)      Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar-mengajar.
3)      Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar.
4)      Membina dan membimbing sesuia dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individu.
 Pengelolaan dan pembelajaran dapat dibedakan tetapi memiliki fungsi sama. Pengelolaan penekanannya pada aspek pengaturan ( management ). Sementara pembelajaran (instruction ) penekanannya pada aspek mengelola atau memproses materi pembelajaran. Kedua hal ini memiliki tujuan yang sama yaitu tujuan pembelajaran.

1 komentar:

  1. Casino Review 2021 | DMC
    The casino 사천 출장마사지 offers everything 경상남도 출장마사지 from 충주 출장샵 live dealer games to 강릉 출장샵 table games. Check out our casino review and learn how to win at 제천 출장샵 the table! Read our casino review. Rating: 3.6 · ‎Review by Dr

    BalasHapus