A.
Pengertian pengelolaan kelas
Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata yaitu :
pengelolaan dan kelas. Kata Pengelolaan berasal dari kata “kelola” ditambah
awalan “pe dan an”. Istilah lain dari
pengelolaan kelas menagemen yang berarti tata pimpinan pengelolan.
Sedangakan kelas
menurut ‘’ Umar Hamalik (1987;311)’’
adalah kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang dapat pengajaran
dari guru.
Berikut pengertian pengelolaan kelas menurut para ahli;
Menurut Hadari
Nawawi ( 1989 : 115 ), pengelolaan kelas dapat diartikan sebagai kemampuan
guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian
kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan
kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan murid.
Menurut Suharsimi
Arikunto pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan penanggung jawab
kegiatan pembelajaran dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat
terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.
Menurut sudirman
pengelolaan kelas berarti upaya pendayagunaan potensi kelas.
Menurut Made Pidarta pengelolaan kelas adalah proses seleksi
dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas.
Menurut Suharsimi Arikunto”
berpendapat bahwa pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung
jawab kegiatan belajar mengajar / yang membantu dengan maksud agar di capai kondisi yang optimal sehingga
dapat terlaksana kegiatan belajarsiswa dapat berjalan dengan lancar dan
terciptanya kondisi belajar yang optimal untuk berlangsungnya kegiatan belajar
siswa.
Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas dapat
disimpulkan bahwa pengelolaan kelas merupakan keterampilan seorang guru
untuk menciptakan dan memelihara sebuah kelas yang kondusif dengan maksud agar
tercapainya kondisi yang optimal sehingga kegiatan belajar mengajar dapat
berjalan dengan baik.
Suatu kondisi belajar yang
optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran
serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan
pengajaran dan hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan
siswa dengan siswa.
Pengelolaan kelas merupakan salah
satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Karena
tanpa keterampilan mengelola kelas akan sulit untuk menjalankan kegiatan
mengajar belajar secara efektif.
Pengelolaan kelas sendiri berbeda dengan pengelolaan pembelajaran.
Pengelolaan pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi dan tindak lanjut dalam suatu pembelajaran. Sedangkan pengelolaan
kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan
kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport,
penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas,
pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu,
penetapan norma kelompok yang produktif), didalamnya mencakup pengaturan orang
(peserta didik) dan fasilitas.
B. Latar belakang adanya pengelolaan kelas
pokok-pokok pikiran yang melatar belakangi pengelolaan
kelas adalah sebagai berikut:
a. kegiatan
sekolah berlangsung dalam suasana kelompok, yaitu kelompok kelas
b. tugas pokok
guru adalah mengembangkan dan mempertahankan kelompok kelas yang efektif
c. kelompok
kelas adalah suatu sistem yang memiliki ciri-ciri sebagaimana yang dimiliki
oleh sistem sosial lainnya
d. tugas
pengelolaan kelas yang dimiliki oleh guru ialah mengembangkan dan
mempertahankan kondisi kelas yang kondusif
e. bervariasinya
karakter siswa yang berbeda-beda.
Pengelolaan kelas sangat di perlukan karena
dari hari ke hari bahkan dari waktu ke waktu tingkah laku dan perbuatan siswa
selalu berubah-rubah. Hari ini siswa dapat belajar dengan baik dan tenang,
tetapi besok belum tentu. Oleh karena itu Kondisi belajar yang optimal dapat dicapai
jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikanya
dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran.
C. Tujuan pengelolaan kelas
Pengajaran adalah
proses menyampaikan atau menanamkan pengetahuan dan keterampilan. Sebagai
proses menyampaikan atau menanamkan ilmu pengetahuan, maka pengajaran memiliki
tujuan yang utama yaitu penguasaan materi pelajaran. Keberhasilan suatu proses
pengajaran diukur dari sejauh mana siswa dapat menguasai materi pelajaran yang
disampaikan guru. Materi pelajaran itu sendiri adalah pengetahuan yang
bersumber dari mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Sedangkan mata
pelajaran itu sendiri adalah pengalaman-pengalaman manusia masa lalu yang
disusun secara sistematis dan logis kemudian diuraikan dalam buku-buku
pelajaran dan selanjutnya isi buku itu yang harus dikuasai siswa (Sanjaya,
2005: 75). Karena itulah para guru harus melakukan pengelolaan kelas.
Secara umum
tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam
kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual di
dalam kelas. Fasilitas yang disediakan memungkinkan siswa belajar dan bekerja,
terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplai,
perkembangan intelektual, emosional, dan sikap serta apresiasi pada siswa (
Sudirman N, 1991, 311 ). Tujuan lainnya adalah mengantarkan anak didik dari
tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dan dari tidak
berilmu menjadi berilmu.
Menurut Ahmad
( 1995 : 2 ), tujuan pengelolaan kelas adalah :
1) Mewujudkan situasi dan kondisi kelas
2) Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi
terwujudnya interaksi belajar-mengajar.
3) Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar.
4) Membina dan membimbing sesuia dengan latar belakang sosial,
ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individu.
Pengelolaan dan pembelajaran dapat dibedakan
tetapi memiliki fungsi sama. Pengelolaan penekanannya pada aspek pengaturan (
management ). Sementara pembelajaran (instruction ) penekanannya pada aspek
mengelola atau memproses materi pembelajaran. Kedua hal ini memiliki tujuan
yang sama yaitu tujuan pembelajaran.
Casino Review 2021 | DMC
BalasHapusThe casino 사천 출장마사지 offers everything 경상남도 출장마사지 from 충주 출장샵 live dealer games to 강릉 출장샵 table games. Check out our casino review and learn how to win at 제천 출장샵 the table! Read our casino review. Rating: 3.6 · Review by Dr